Keefektifan Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Baru
Nama : Faisal
hendrawan dwi janarko
Npm :
2010301112
Kelas : PBSI 2
C
Tema : Menjadi
Mahasiswa Baru di Masa pandemi dan Era Kenormalan
Keefektifan Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Baru
Sejak
pemerintah mengumumkan kasus covid 19 pada bulan maret 2020. Indonesia kemudian
dihadapkan dengan masa pandemi. Hampir seluruh sektor kehidupan di Indonesia terdampak, tidak terkecuali disektor
pendidikan. Covid atau corona virus menyebar begitu cepat hampir ke semua
negara, termasuk Indonesia, sehinga badan kesehatan dunia /WHO menjadikan
pandemi ini adalah wabah global. Disektor pendidikan pemerintah secara langsung
mengumumkan melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan menerapkan kebijakan
peraturan pembelajaran jarak jauh bagi siswa sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan
perguruan tinggi.
Adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh/pembelajaran
secara virtual menimbulkan berbagai polemik yang muncul dimasyarakat. Sebagian
besar masyarakat berasumsi bahwa pembelajaran secara virtual tidak akan
berjalan secara maksimal, selain itu kebijakan pembelajaran jarak jauh juga
memiliki kendala teknis dilapangan. sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran kurang maksimal. padahal pendidikan memiliki peranan penting
dalam kemajuan bangsa.
Menjadi mahasiswa baru dalam masa pandemi bukanlah sebuah
hal yang mudah, karena memiliki berbagai kendala. Kendala yang paling sering
dihadapi seorang mahasiswa, yaitu jaringan internet. Tidak semua pelajar
memiliki WIFI di rumah dan tidak setiap rumah memiliki akses jaringan yang
memadai. hal ini dengan ditambah pengeluaran kouta yang melebihi kapasitas
seperti biasanya dan harga kouta yang mahal. Padahal dalam kondisi ekonomi tidak
stabil karena adanya pandemi covid 19. Pemerintah bisa melakukan beberapa
langkah seperti, bersinergi dengan provider
untuk memberikan subsidi kouta kepada siswa, guru maupun dosen.
Kendala yang selanjutnya adalahnya ketidaktersediaan
perangkat yang memadahi sekaligus kapasitas, kompetensi dan kapabilitas. Tidak semua
orang tua siswa memiliki perangkat elektornik dalam menunjang kegiatan proses
pembelajaran daring dan Kecanggihan teknologi tidak bisa diikuti oleh semua
lapisan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan berbagai problematika
proses pembelajaran daring. Dengan demikian keefektifvan siswa dalam
mengaktualisasikan ilmu yang telah didapat dari proses pembelajaran daring akan
sulit diimplementasikan.
Kendala selanjutnya Kesepakatan yang kurang mengikat
dalam proses pembelajarn daring. Yang mengajar dan yang di ajar harus ada
kesepakatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai contoh mahasiswa masuk
ruang zoom/gmeet tepat waktu dan
wajib mengaktifkan kamera kecuali terkendala signal, Penyampaian materi secara proporsional
sehingga mahasiswa dapat memahami materi secara mendalam, penyampaian materi secara menarik akan
membuat mahasiswa tidak merasa bosan dalam mengikuti perkuliahan daring,
pemberian tugas yang proporsional kepada mahasiswa agar mahasiswa tidak merasa
terbebani. Ketika mahasiswa terbebani maka akan menurunkan imunitas tubuh
sehingga sangat riskan terkena covid.
Dalam pembelajaran daring peranan orang tua sangat
penting misalnya memonitoring bahwa sang anak mengikuti kegiatan belajar
mengajar, pendampingan kepada anak dalam mengikuti kegiatan belajar dan memberi
solusi kepada anak ketika terdapat permasalahan pembelajaran daring, dengan
demikian peranan orang tua harus diwujudkan secara komprehensif agar
tercapainya tujuan pembelajaran daring secara maksimal.
Pembelajaran jarak jauh bukan hanya soal kekurangan
tetapi juga memliki kelebihan contoh dari kelebihan pembelajaran jarak jauh
diantaranya adalah meningkatnya keselamatan dan keamanan baik siswa, guru atau
dosen. Dengan pembelajaran yang dapat diakses dari rumah tanpa keluar rumah
maka akan mengurangi aka penularan virus covid 19. Sehingga bisa dikatakan
dengan menerapkan pembelajarn daring ini akan memberika peningkatan keamanan
dan keselamatan bagi siswa, guru maupun dosen
Kelebihan
yang kedua adalah biaya pembelajaran menjadi
lebih murah sebab bisa memangkas sejumlah biaya. Misalnya biaya
transportasi dari rumah ke kampus, biaya pembelian buku cetak ataupun biaya
print. Karena didalam pembelajaran daring pengiriman tugas semua melalui online
dan semua file tugas berbentuk soft file sehingga bisa meminimalisasi biaya
pembelian buku ataupun print. sehingga dapat meminimalisasi uang dalam kegiatan pembelajaran dan pengeluaran uang hanya menekankan pada kouta internet.
Kelebihan
selanjutnya Pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan menggunakan berbagai
media platform seperti zoom, gogle meet,
youtube, spotivy dan lainnya. Sehingga menyebabkan siswa, guru atau dosen dituntut
secara otomatis menguasai teknologi dan informasi yang telah berkembang serta
mengedukasi bahwa handphone ataupun perangkat elektroniklainnya bisa di gunakan
ke hal yang positif bukan hanya game dan hiburan lainya.
Dengan
demikian menjadi mahasiswa baru dalam masa pandemi ini memliki kelebihan dan kekuranngan.
Kelebihanya dianataranya meningkatkan keamanan dan keselamatan siswa guru atau
dosen dan pembelajaran jauh lebih murah karena siswa mengakses pembelajaran
dari rumah tanpa mengeluarkan biaya transportasi serta siswa dituntut untuk meguasai
teknologi dan informasi karena dengan mengunakan teknologi terbaru. Disamping
kelebihan pembelajaran secara daring memiliki berbagai kekurangan sehingga
menyebabkan problematika yang dialami
siswa, guru maupun dosen. masalah-masalah seperti ini harus diselesaikan oleh pemerintah. Karena
pendidikan adalah modal besar untuk membangun karakter, kompetensi dan
kapasitas sebagai penerus bangsa yang akan membawa perubahan yang lebih maju.
Uts menulis 3, april 2021
Dosen : Firstya Evi
Dianastiti,M.Pd.
Komentar
Posting Komentar